20 Jan 2010

Sejarah Satuan 051/WS Politeknik Batam

Satuan Resimen Mahasiswa 051/Wira Sakti ini berada di Kampus Politeknik Batam yang berdiri pada tanggal 15 Desember 2006 yang dipelopori oleh 8 Orang Mahasiswa Politeknik Batam yang telah mengikuti Pendidikan Dasar Resimen Mahasiswa selama 10 hari di Batalyon Infanteri 134/Tuah Sakti Batam.


Satuan ini dibuat guna menampung minat dan bakat mahasiswa dalam rangka pengembangan Bela Negara di kampus Politeknik Batam, berdirinya Satuan ini tidak lepas dari bantuan Wakil Direktur III Bapak Irsutami yang menjabat sebagai Wadir III Bidang Kemahasiswaan Politeknik Batam. Beliau yang membimbing para perintis untuk memanage dan mengembangkan organisasi Resimen Mahasiswa di Politeknik Batam.

Pada perkembangannya Organisasi ini semakin diminati Mahasiswa, yang diikuti dengan semakin meningkatnya jumlah personil Satuan itu sendiri. Kegiatan demi kegiatan juga dibuat guna meningkatkan kemampian baik fisik dan mental anggota Satuan.

Pada awal pendiriannya Satuan ini dipimpin Oleh Fendi Hidayat sebagai Komandan Satuan dan Dedet Marina sebagai Wakil Komandan Satuan dan dibantu oleh Iyut Northon T sebagai Kaur Pam dan Diklat, Siti Istiana sebagai Kaur Min Log, Pebrianti sebagai Kaur Sus, Citra Putra Perdana Sebagai Kaur Bintal, Fenji Helmairi sebagai Kaprov dan Yeni Margaretha sebagai Provoost Satuan.

Nama dari satuan ini adalah Wira Sakti yang dibuat sebagai maksut untuk merepresentasikan anggota Satuan itu sendiri. Wira Sakti terdiri dari dua kata "Wira" dan "Sakti" dimana kata Wira dalam bahasa Sansekerta berarti utama, gagah, luhur, berani, teladan, atau pejuang, dan Sakti artinya kekuatan atau kemampuan. Oleh sebab itu makna dari Wira Sakti adalah Pejuang yang Gagah Berani yang mampu menjadi tauladan serta memiliki kemampuan dan kekuatan.

Jadi Satuan ini diharapkan mampu menjadi contoh dari Satuan-satuan Resimen Mahasiswa yang lain di Provinsi Kepulauan Riau, dimana anggota dari Satuan ini adalah Mahasiswa/i yang mempunyai nilai Juang tinggi, Gagah dalam bersikap, Berani dalam bertindak, dan dengan kemampuan integritas yang dimiliki serta didukung dengan kekuatan iman guna selalu mengabdikan diri untuk Nusa Bangsa dan Negara Indonesia.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

gud n best lah

SALAM WKDS

BY: Fenji Helmairi

Anonim mengatakan...

SALAM WCDS
TETAP SATUKAN HATI BULATKAN TEKAD
KOKOH KAN SATUAN YANG TELAH KITA BANGUN BERSAMA

Posting Komentar